Saturday, April 13, 2013

Kelebihan Dan Kelemahan Sumber Listrik Saat ini


      Seiring dengan perkembangan dunia di mana populasi semakin bertambah, perkembangan teknologi yang semakin pesat, dan naiknya gaya hidup di negara-negara maju, maka dibutuhkan banyaknya sumber energi listrik. Sumber energi di dunia yang tersedia saat ini meliputi energi batu bara, nuklir, bensin, angin, matahari, hidrogen, dan biomassa. Dari masing-masing jenis energi di atas, terdapat kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Kelebihan dan kelemahan tersebut antara lain :. . . . .


1. Batu Bara 

Kelebihan : Tidak mahal bahan bakarnya, mudah untuk didapat. 

Kelemahan : Dibutuhkan kontrol untuk polusi udara dari pembakaran batu bara tersebut, berkontribusi                     terhadap peristiwa hujan asam dan pemanasan global. 



2. Nuklir 

Kelebihan : Bahan bakarnya tidak mahal, mudah untuk dipindahkan (dengan sistem keamanan yang ketat). Energi yang dihasilkan sangat tinggi, dan tidak mempunyai efek rumah kaca dan hujan asam. 

Kelemahan : Butuh biaya yang besar untuk sistem penyimpanannya, disebabkan dari bahaya radiasi energi nuklir itu sendiri. Masalah kepemilikan energi nuklir, disebabkan karena bahayanya nuklir sebagai senjata pemusnah massal dan produk buangannya yang sangat radioaktif. 


3. Bensin 

Kelebihan : Sangat mudah untuk didistribusikan, mudah untuk didapatkan, energinya cukup tinggi. 

Kelemahan : Untuk sekarang, sumber bahan bakarnya sudah tinggal sedikit. Berkontribusi terhadap pemanasan global, dan harganya semakin mahal seiring dengan ketersediaannya. 



d. Matahari 

Kelebihan : Energi matahari bebas untuk didapatkan. 

Kelemahan : Tergantung pada cuaca, waktu, dan area. Untuk teknologi saat ini, masih dibutuhkan area yang luas untuk meletakkan panel surya dan energi yang dihasilkan dari panel surya tersebut masih sangat sedikit. 


e. Angin 


Kelebihan : Angin mudah untuk didapatkan dan gratis. Biaya perawatan dan meregenerasi energinya semakin murah dari waktu ke waktu. Sumber energi ini baik digunakan di daerah pedesaan terutama pada daerah pertanian. 

Kelemahan : Membutuhkan banyak pembangkit untuk menghasilkan energi yang besar. Terbatas untuk area yang berangin saja, membutuhkan sistem penyimpanan energi yang mahal. Pada saat musim badai, angin dapat merusak instalasi pembangkit listrik. 


f. Biomassa 

Kelebihan : Masih dalam tahap pengembangan, membutuhkan instalasi pembangkit yang tidak terlalu besar. 

Kelemahan : Tidak efisien jika hanya sedikit instalasi pembangkit yang dibangun, berkontribusi terhadap pemanasan global. 


g. Hidrogen 

Kelebihan : Mudah dikombinasikan dengan oksigen untuk menghasilkan air dan energi. 

Kelemahan : Sangat mahal untuk biaya produksi, membutuhkan energi yang lebih besar untuk membuat hidrogennya sendiri.



   dan mungkin akan ada lagi sumber-sumber yang lainnya, mohon maaf bila ada kesalahan penulisan atau apapun, kalau sempat tolong komentarnya ya.. hehe..





0 comments:

Post a Comment