Friday, June 7, 2013

Overvoltage and Undervoltage Time-Lag Relay


   Assalamu'allaikum, kali ini saya sedikit berbagi teori dasar dehh tentang  Overvoltage and Undervoltage Time-Lag Relay, ini job yang saya praktikumkan di politeknik negeri samarinda, dan nanti akan kita bahas tentang kendalanya ya.. oke langsung saja.


   Rele tegangan lebih adalah rele yang bekerja untuk mendeteksi keadaan tegangan lebih. Apabila tegangan yang dikenakan kepada rele lebih besar dari nilai nominalnya (settingnya) dan berlangsung dalam waktu yang melampaui batas waktu tertentu (lebih besar dari setting waktunya), maka rele tegangan lebih akan beroperasi atau bekerja. Demikian juga halnya dengan rele tegangan kurang, yaitu bahwa rele akan beroperasi apabila tegangan yang dikenakkan kepadanya kurang dari nilai tertentu (sesuai settingnya) dan berlangsung melampaui batas waktu tertentu (setting waktunya) maka rele tegangan kurang akan beroperasi.




   Rele tegangan lebih dan rele tegangan kurang yang digunakan dalam praktikum ini adalah rele jenis statis. Rele ini adalah didisain untukk bekerja sebagai sebuah kombinasi rele tegangan lebih dan rele tegangan kurang tipe time lag untuk memonitoring sistem jaringan tiga fasa 380 volt.

  Rele ini dapat juga digunakan dalam range tegangan yang lain dengan menghubungkannya ke sebuah trannsformator tegangan yang sesuai. Karena itu tidak diperlukan suatu sambungan ke titik netral. Rele ini dapat digunakan untuk sistem jaringan tiga fasa tiga kabel atau sistem jaringan tiga fasa empat kabel.

   Nilai-nilai tegangan operasi dari rele dapat diatur bervariasi dengan range 0.7 hingga 0.95 Un untuk menentukkan tegangan-tegangan kurang dan dengan range 1.05 hingga 1.3 Un untuk menentukkan tegangan-tegangan lebih.

   LED terintegrasi warna putih akan segera menyala setelah tegangan jaringan dirasakan oleh rele. Keadaan-keadaan tegangan lebih atau tegangan kurang adalah masing-masing ditandai dengan lampu LED merah yang menyala.

   Rele ini adalah dilengkapi dengan komponen waktu tunda yang mana dapat disetting dalam range 0.5 detik hingga 5 detik. Rele ini mempunyai dua terminal keluaran yang bekerja secara terpisah. Keluaran untuk tegangan kurang dengan mengoperasikan (rele K1, kontak-kontaknya berubah posisi 11, 12, 14 dan 21, 22, 24); dan keluaran untuk tegangan lebih dengan mengoperasikan (rele K2, kontak-kontaknya berubah posisi 31,32,34 dan 41,42,44). Konsumsi daya maksimum untuk rele ini adalah 6 VA (pada 1.3 Un).

Angka-angka dalam bagian kendali dari peralatan ini didefinisikan sebagai berikut :

1. LED untuk menunjukkan keadaan tegangan lebih (merah)
2. LED untuk menunjukkan kondisi operasi dari rele (hijau)
3. LED untuk menunjukkan keadaan tegangan kurang (merah)
4. Setting waktu tunda
5. Setting harga tegangan kurang
6. Setting harga tegangan lebih

   kendala saat praktikum job Overvoltage and Undervoltage Time-Lag Relay ini adalah terkadang saat ingin mengetahui data percobaan saat tegangan kurang malah belum apa apa sudah kerja relaynya, ini dikarenakan tegangan dari PLN sudah rendah, jadi yaa langsung kerja lahh, untuk mengatasinya dapat dengan mengubah seting dari relay tersebut. di kecilin settingnya biar tegangan kecil bkum bekerja.. hhe,
  kendala juga terjadi pada saat tegangan lebih, tegangan lebih ini ga bakal bekerja kalo tegangannya aja kurang.. hhe. 

terimakasih sudah mau membaca :-D






0 comments:

Post a Comment