Thursday, April 4, 2013

Jenis Gangguan Transformator

   Gangguan-Gangguan Dalam operasi suatu transformator dapat mengalami gangguan-gangguan yang dikelompokkan pada 2 (dua) bagian, yaitu :
a. Gangguan internal
b. Gangguan eksternaluan Pada Transformator Tenaga



Gangguan Internal
    Gangguan internal adalah gangguan yang terjadi di dalam transformator tenaga itu sendiri. Gangguan-gangguan yang digolongkan sebagai gangguan internal adalah sebagai berikut :

1.Incipient Faults
   Adalah gangguan kecil yang apabila tidak segera terdeteksi akanmembesar dan akan menyebabkan yang lebih serius seperti :
a. Terjadinya busur api(ar c ) yang kecil dan pemanasan lokal yang akan disebabkan oleh :
- Cara penyambungan kumparan yang kurang baik
- Kerusakan isolasi dari penjepit inti
b. Gangguan pada sistem pendingin
    Semua gangguan tersebut diatas akan menyebabkan terjadinya pemanasan lokal tetapi tidak mempengaruhi suhu transformator secara keseluruhan. Gangguan ini tidak dapat terdeteksi dari terminal transformator karena keseimbangan arus tegangan tidak berbeda dengan kondisi normal .


2. Gangguan hubung singkat
    Pada umumnya gangguan ini dapat segera terdeteksi karena akan selalu timbul arus/tegangan yang tidak normal/tidak seimbang .Jenis gangguan ini antara lain :
a. Hubung singkat fasa ke tanah
b. Hubung singkat antar fasa pada kumparan yang sama
c. Gangguan pada terminal transformator


Gangguan Eksternal
    Gangguan eksternal yaitu gangguan yang terjadi diluar transformator tenaga (pada sistem tenaga listrik) tetapi dapat menimbulkan gangguan pada transformator yang bersangkutan. Gangguan-gangguan yang dapat digolongkandalam gangguan eksternal ini adalah sebagai berikut :

1. Gangguan hubung singkat
    Gangguan hubung singkat diluar transformator ini biasanya dapat segera
dideteksi karena timbulnya arus yang sangat besar, dapat mencapai beberapa
kali arus nominalnya, seperti :
Hubung singkat di rel
Hubung singkat pada penyulang(f eeder )
Hubung singkat pada incoming feeder transformator tersebut

2. Beban lebih (Overload )
    Transformator tenaga dapat beroperasi secara terus menerus pada arus beban nominalnya. Apabila beban yang dilayani lebih besar dari 100%, maka akan terjadi pembebanan lebih. Hal ini dapat menimbulkan pemanasan yang berlebih. Kondisi ini mungkin tidak akan menimbulkan kerusakan, tetapi apabila berlangsung secara terus menerus akan memperpendek umur isolasi

3. Gelombang Surja
   Gelombang surja dapat terjadi karena cuaca, yaitu petir yang menyambar jaringan transmisi dan kemudian akan merambat ke gardu terdekat dimana transformator tenaga terpasang. Walaupun hanya terjadi dalam kurun waktu sangat singkat (beberapa puluh mikrodetik), akan tetapi karena tegangan puncak yang dimiliki cukup tinggi dan energi yang dikandungnya besar, maka ini dapat menyebabkan kerusakan pada transformator tenaga. Bentuk gelombang dari petir yang dicatat dengan sebuah asilograf sinar katoda (berupa tegangan sebagai fungsi waktu).
   Disamping dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan, gangguan tersebut dapat juga membahayakan manusia atau operator yang ada disekitarnya. Akibat-akibat yang terjadi pada manusia atau operator adalah seperti terkejut, pingsan bahkan sampai meninggal .
   Keadaan yang membahayakan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu:
-Seseorang yang berada di suatu tempat dimana badan atau anggota tubuhnya menghubungkan dua tempat yang mempunyai perbedaan tegangan yang tinggi.
-Besar dan lamanya arus mengalir ke tubuh


   Gangguan yang terjadi pada trafo akan menimbulkan banyak kerugian, diantaranya turunnya tingkat kepercayaan pelanggan terhadap PLN, Jumlah kerugian materi akibat jam padam gangguan, social lost pada tempat-tempat berkebutuhan khusus seperti rumah sakit, bank, sekolah, instansi pemerintahan dsb, dan yang paling utama adalah bertambahnya anggaran operasional PLN.
   Timbulnya kerusakan pada trafo akan mengakibatkan terganggunya penyediaan tenaga listrik dengan segala akibatnya bagi perusahaan listrik maupun masyarakat pemakainya. Oleh karena itu perlu diusahakan sebaik mungkin untuk mencegah kemungkinan yang lebih fatal.
   Faktor utama bahwa trafo yang dipesan untuk dipakai adalah sesuai dengan spesifikasi yang tepat untuk tujuan pemakaian yang tepat pula. Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pemasangan trafo yang baik diinstalasi listrik dan dilengkapi oleh sistem pengaman.






0 comments:

Post a Comment