Monday, June 2, 2014

Regulator IC78xx

Arti kata reguasi adalah pengaturan. Yang biasanya dimaksud dengan regulasi adalah suatu besaran yang diatur pada nilai tertentu. ( Bocher, R. 2004)

Regulasi tegangan untuk catu daya seringkali dibutuhkan, maka tersedia berbagai jenis IC yang memenuhi kebutuhan ini. Salah satu IC adalah seri 78xx, dimana xx menunjukkan voltase keluaran dari IC tersebut. Terdapat xx = 05 untuk 5V, xx = 75 untuk 7.5V, xx = 9 untuk 9V, xx = 12 untuk 12V, xx = 15 untuk 15V, dan juga terdapat voltase yang lebih tinggi.(Bocher, R. 2004). Pada gambar 2.20 Berikut ini adalah gambar fisik dari IC78xx




IC 78xx mempunyai tiga kaki satu untuk Vin, satu untuk Vout dan satu untuk GND. Sambungan tersebut diperlihatkan pada gambar dibawah dalam IC ini selain rangkaian regulasi voltase juga sudah terdapat rangkaian pengaman yang melindungi IC dari arus atau daya yang terlalu tinggi. Terdapat pembatas arus yang mengurangi voltase keluaran kalau batas arus terlampaui. Besar dari batas arus ini tergantung dari voltase pada IC sehingga arus maksimal lebih kecil kalau selisih voltase antara Vin dan Vout lebih besar. Juga terdapat pengukuran suhu yang mengurangi arus maksimal kalau suhu IC menjadi terlalu tinggi. Dengan rangkaian-rangkaian pengaman ini IC terlindung dari kerusakan sebagai akibat beban yang lebih terlalu besar. ( Bocher, R. 2004)


0 comments:

Post a Comment